Optimalkan SEO Media Sosial Instagram

Strategi optimasi SEO media sosial di instagram dengan kata kunci bukan hanya digunakan untuk memunculkan website di halaman pertama Google, lho. Anda juga bisa kok menggunakannya untuk Instagram Bisnis.

Baru-baru ini, Instagram mengizinkan penggunanya melakukan pencarian berdasar kata kunci. Misalnya melalui kata kunci di konten, bio, dan username Instagram. 

Dengan menerapkan optimasi Instagram SEO, Instagram kamu akan muncul di peringkat atas Instagram search engine. Jadi, Instagram bisnis jadi lebih mudah ditemukan oleh followers yang relevan dengan bisnis kamu. 

Penasaran bagaimana cara melakukan optimasi SEO Instagram? Tenang saja, di artikel ini kami akan menjelaskannya secara lengkap. Yuk langsung simak saja artikel ini sampai habis!

Mengenal Instagram SEO

Strategi optimasi SEO dengan kata kunci bukan hanya digunakan untuk memunculkan website di halaman pertama Google, lho.

Instagram SEO adalah sebuah proses optimasi konten Instagram. Tujuannya untuk meningkatkan peringkat profil Instagram Anda di hasil Instagram search engine. 

Dengan menerapkan Instagram SEO, konten kamu akan lebih mudah ditemukan oleh calon followersmu. Semakin profil Instagrammu mudah ditemukan, semakin banyak manfaat yang Anda dapat. Mulai dari meningkatkan brand awareness, menambah jumlah followers, hingga meroketkan engagement konten

Berikut ini adalah cara optimasi Instagram SEO untuk bisnismu:

1. Optimalkan Profil Media Sosial Instagram

Instagram search engine adalah tujuan pertama user saat mencari profil atau postingan di Instagram. Tapi, tentu saja tak semua profil akan muncul di hasil pencarian. Sebab, Instagram akan menampilkan profil yang sesuai kata kunci. 

Untuk memunculkan profil di hasil pencarian, pertama-tama anda perlu mengoptimasi profil Instagram bisnis. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Ubah pengaturan profil menjadi publik
  • Gunakan foto profil yang sesuai dengan bisnis. Misalnya dengan logo brand atau produk yang dijual. 
  • Buat brand bisnis yang mudah dicari dan dikenali. Misalnya Anda membuka coffee shop, gunakan keyword kafe atau coffee. 
  • Daftarkan akun Instagram ke Instagram Bisnis
  • Sertakan tautan website bisnis online Anda pada bio Instagram

2. Masukkan Kata Kunci Utama ke Username dan Display Name

Instagram SEO memudahkan followers mencari profil Instagrammu berdasarkan kata kunci yang mereka cari. Saat mereka mengetikkan kata kunci, Instagram search engine langsung menampilkan profil dan konten yang memuat kata kunci itu.

Agar profil kamu muncul di kata kunci yang relevan dengan bisnis, masukkan kata kunci utama ke username dan display name kamu. Sebagai contoh, kamu berbisnis sepatu sandal. Gunakan kata kunci “sepatu sandal” pada username atau display name.

3. Tambahkan Kata Kunci Turunan pada Bio Instagram

Tidak apa-apa sih kalau username dan display name kamu tidak mengandung kata kunci utama. Kamu masih bisa kok menambahkan kata kunci utama dan turunan di bio Instagram bisnismu.

Sebagai contoh, Anda berbisnis case untuk iPhone. Tambahkan kata kunci turunan pada bio Anda seperti: “case iPhone murah”. Begitu ada followers yang mencari case iPhone murah, profil Anda punya peluang muncul di hasil pencarian

4. Maksimalkan Alt Text

Layaknya optimasi gambar pada SEO website, kamu juga bisa melakukan optimasi gambar menggunakan alt text di instagram juga

Alt text Instagram dapat membantu algoritma Instagram memunculkan foto Anda ke followers yang menyukai tipe konten tersebut. Sebab, alt text mendeskripsikan konten gambar Anda. 

Selain itu, alt text Instagram memudahkan mesin pencarian Google menemukan konten Anda. Caranya, Anda perlu menyisipkan keyword dengan volume pencarian tinggi di Google dalam alt text Anda. 

5. Gunakan Kata Kunci pada Hashtag

Kamu juga bisa menggunakan hashtag dalam bentuk kata kunci utama yang masih relevan dengan bisnismu. Hashtag akan membantu konten Anda lebih mudah ditemukan oleh followers Anda di Instagram search engine.

6. Gunakan Kata Kunci Turunan pada Caption

Selain meningkatkan pencarian melalui hashtag, kamu juga bisa menulis caption yang relevan dengan konten. Jangan lupa tambahkan kata kunci turunan pada captionmu. 

Kenapa harus begitu?

Instagram menggunakan machine learning untuk menentukan konten mana yang akan muncul di explore. Hanya berbekal kata kunci dan konteks caption saja, machine learning bisa memilih konten yang dianggap paling relevan dengan kebutuhan user. 

7. Perhatikan Instagram Insights untuk Melihat Reach Konten

Setelah melakukan langkah optimasi di atas, Anda bisa menggunakan Instagram analytics yang bernama Insight. Tujuannya untuk melihat performa setiap konten yang Anda buat. Mulai dari konten di feed hingga Instagram Story.

Melalui Insights, Anda bisa melakukan evaluasi konten melalui beberapa metriks. Setiap metriks memiliki fungsinya masing-masing dan cara untuk memaksimalkannya. 

Join The Ride

Jangan lupa Subscribe untuk informasi dan tips tentang Digital Marketing selanjutnya

Blog Lainnya

manfaat ssl

Pengertian SSL untuk Website/Aplikasi

Secure Sockets Layer atau disingkat SSL adalah sebuah protokol keamanan yang digunakan hampir semua transaksi aman pada internet. SSL mengubah sesuatu protocol transfer TCP mengubah

Tips Membuat Web Design yang Interaktif

Situs web sudah menjadi hal yang tak terpisahkan dari masyarakat modern dimana ada berbagai macam situs dengan tujuan serta industri mereka tersendiri. Selain melayani berbagai

Mengenal Apa Itu Company Value, Manfaat dan Contohnya

Sebuah perusahaan pasti memiliki sebuah nilai mereka tersendiri yang bisa disebut dengan company value. Dengan memiliki nilai- nilai perusahaan yang ditetapkan tidak hanya menguntungkan keterlibatan